Arm Hood

Supplier Arm Hood Malang

Supplier Arm Hood Malang

Supplier Arm Hood Malang: Menjamin Keamanan dan Kualitas Udara Laboratorium Anda

Udara bersih dan sehat di ruang laboratorium merupakan faktor krusial untuk melindungi personil peneliti dari paparan bahan kimia berbahaya. Paparan asap, debu, dan gas hasil eksperimen dapat menyebabkan gangguan kesehatan jangka pendek dan panjang. Untuk mengatasi permasalahan ini, kehadiran arm hood menjadi solusi penting. Artikel ini membahas mengenai arm hood, jenis-jenisnya, serta hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih supplier arm hood di Malang.

Definisi dan Fungsi

Arm hood, yang juga dikenal sebagai fume extraction arm hood atau laboratory arm hood, adalah peralatan laboratorium yang berfungsi sebagai sistem pembuangan udara lokal (Local Exhaust Ventilation/LEV). Fungsinya adalah untuk menangkap dan menghisap asap, debu, dan gas hasil percobaan kimia agar tidak terhisap oleh peneliti. Udara yang telah difilterisasi kemudian dilepaskan ke lingkungan yang aman melalui saluran pembuangan.

Dengan menggunakan arm hood, laboratorium dapat menciptakan lingkungan kerja yang lebih sehat dan aman bagi para peneliti. Hal ini terutama penting ketika menangani bahan kimia berbahaya, karsinogenik, dan mudah terbakar.

Jenis-Jenis Arm Hood

Ada beberapa jenis arm hood yang tersedia di pasaran, masing-masing memiliki fungsi dan kelebihan tersendiri. Berikut adalah beberapa jenis arm hood yang umum digunakan:

  • Arm Hood Tetap (Stationary Arm Hood): Jenis arm hood ini dipasang secara permanen pada dinding atau langit-langit laboratorium. Arm hood tetap memiliki jangkauan putar dan penyesuaian ketinggian untuk mengakomodasi berbagai jenis peralatan laboratorium.
  • Portable Arm Hood: Sesuai namanya, arm hood portabel dapat dipindahkan dengan mudah ke berbagai lokasi di dalam laboratorium. Jenis ini ideal untuk pekerjaan di lapangan atau area dengan keterbatasan ruang.
  • Extraction Arm Hood: Jenis ini dirancang khusus untuk menangkap dan membuang asap las, debu pemotongan, dan partikel berbahaya lainnya yang dihasilkan dari proses manufaktur dan industri.

Berdasarkan material yang digunakan, arm hood dapat terbuat dari berbagai bahan, seperti:

  • Polypropylene (PP): Material yang ekonomis dan tahan terhadap bahan kimia korosif ringan.
  • Stainless Steel: Material yang kuat, tahan lama, dan mudah dibersihkan, cocok untuk penggunaan di laboratorium dengan bahan kimia kuat.
  • Fiberglass: Material yang ringan dan tahan terhadap korosi, sering digunakan untuk arm hood portabel.

Regulasi dan Standar

Pemilihan dan penggunaan arm hood harus memperhatikan regulasi dan standar keamanan yang berlaku. Beberapa standar yang umum digunakan di Indonesia antara lain:

  • American Conference of Governmental Industrial Hygienists (ACGIH): Organisasi ini menerbitkan Threshold Limit Values (TLVs) yang merekomendasikan batas paparan yang aman terhadap bahan kimia berbahaya.
  • Occupational Safety and Health Administration (OSHA): OSHA memiliki standar khusus untuk laboratorium, termasuk penggunaan dan perawatan arm hood (OSHA 1910.1450).

Dengan mematuhi regulasi dan standar ini, laboratorium dapat memastikan keamanan dan kesehatan para peneliti serta personel lain di sekitarnya.

Fitur Utama Arm Hood

Arm hood yang baik memiliki beberapa fitur utama yang menunjang fungsinya secara optimal. Berikut adalah beberapa fitur yang perlu dipertimbangkan:

  • Jangkauan dan Fleksibilitas: Arm hood harus memiliki jangkauan yang cukup untuk mengakomodasi berbagai posisi peralatan laboratorium. Lengan yang fleksibel memungkinkan penyesuaian posisi untuk menangkap asap dan gas secara efektif.
  • Kecepatan Aliran Udara (Airflow Velocity): Kecepatan aliran udara yang memadai diperlukan untuk memastikan asap dan gas terhisap dengan benar. Kecepatan aliran udara ini biasanya dapat diatur sesuai dengan kebutuhan.
  • Filter: Arm hood dilengkapi dengan filter yang berfungsi untuk menyaring partikel debu dan kontaminan lain dari udara buangan. Jenis filter yang digunakan tergantung pada jenis bahan kimia yang ditangani.
  • Lampu Penerangan: Lampu penerangan yang baik membantu peneliti melihat dengan jelas di area kerja sekitar arm hood.
  • Sistem Alarm: Beberapa arm hood dilengkapi dengan sistem alarm yang akan berbunyi ketika aliran udara melemah atau filter perlu diganti.

Keamanan dan Pencegahan

Penggunaan arm hood yang tepat dan perawatan rutin sangat penting untuk memastikan keamanan dan efektivitasnya. Berikut adalah beberapa langkah untuk keamanan dan pencegahan:

  • Pelatihan: Semua personil laboratorium yang menggunakan arm hood harus diberikan pelatihan tentang penggunaan yang benar, prosedur keselamatan, dan pemeliharaan rutin.
  • Penempatan: Posisikan arm hood sedemikian rupa sehingga dapat menangkap asap dan gas secara efektif di sumbernya. Hindari menempatkan arm hood di dekat aliran udara lain yang dapat mengganggu aliran pembuangan.
  • Pembuangan Filter: Filter arm hood harus diganti secara berkala sesuai dengan instruksi produsen atau berdasarkan indikator visual seperti perubahan warna atau peningkatan hambatan aliran udara.
  • Pembersihan: Bersihkan arm hood secara rutin sesuai dengan petunjuk produsen. Gunakan deterjen dan desinfektan yang sesuai untuk membersihkan permukaan arm hood dan filter.
  • Pemeriksaan Rutin: Lakukan pemeriksaan rutin pada arm hood untuk memastikan tidak ada kerusakan atau kebocoran. Pemeriksaan rutin ini sebaiknya dilakukan oleh teknisi yang berkualifikasi.

Kriteria Pemilihan Supplier

Memilih supplier arm hood yang tepat sangat penting untuk mendapatkan produk yang berkualitas dan layanan yang terpercaya. Berikut adalah beberapa kriteria yang perlu dipertimbangkan:

  • Reputasi dan Pengalaman: Pilihlah supplier yang memiliki reputasi baik dan pengalaman yang luas dalam menyediakan arm hood untuk laboratorium.
  • Kualitas Produk: Pastikan supplier menawarkan arm hood yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi dan memenuhi standar keamanan yang berlaku.
  • Garansi: Pilihlah supplier yang memberikan garansi produk dan layanan purna jual yang memadai.
  • Harga: Bandingkan harga dari beberapa supplier untuk mendapatkan harga terbaik.
  • Layanan Pelanggan: Pastikan supplier menyediakan layanan pelanggan yang baik dan responsif untuk membantu Anda dalam memilih, menggunakan, dan memelihara arm hood.

Keuntungan Menggunakan Arm Hood

Penggunaan arm hood di laboratorium menawarkan beberapa keuntungan, di antaranya:

  • Meningkatkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja: Arm hood membantu melindungi peneliti dari paparan bahan kimia berbahaya, sehingga mengurangi risiko kecelakaan dan penyakit kerja.
  • Meningkatkan Kualitas Udara Laboratorium: Arm hood membantu menjaga kualitas udara laboratorium tetap bersih dan sehat, sehingga meningkatkan kenyamanan dan produktivitas kerja.
  • Memenuhi Regulasi dan Standar: Penggunaan arm hood yang tepat membantu laboratorium memenuhi regulasi dan standar keamanan yang berlaku.
  • Meningkatkan Efisiensi Operasional: Arm hood dapat membantu meningkatkan efisiensi operasional laboratorium dengan mengurangi waktu dan biaya yang terkait dengan pembersihan dan pemeliharaan.

Lokasi Penempatan

Lokasi penempatan arm hood sangat penting untuk memastikan fungsinya optimal dalam menangkap asap dan gas berbahaya. Berikut adalah beberapa pertimbangan dalam menentukan lokasi penempatan arm hood:

  • Sumber Asap dan Gas: Tempatkan arm hood sedekat mungkin dengan sumber asap dan gas berbahaya.
  • Alur Udara: Hindari menempatkan arm hood di dekat aliran udara lain yang dapat mengganggu aliran pembuangan.
  • Aksesibilitas: Pastikan arm hood mudah dijangkau untuk operasi dan pemeliharaan.
  • Keamanan: Hindari menempatkan arm hood di area yang ramai atau di dekat bahan mudah terbakar.

Pemeliharaan dan Inspeksi Rutin

Pemeliharaan dan inspeksi rutin pada arm hood sangat penting untuk memastikan kinerjanya tetap optimal dan aman digunakan. Berikut adalah beberapa langkah untuk pemeliharaan dan inspeksi rutin:

  • Pembersihan: Bersihkan arm hood secara rutin sesuai dengan petunjuk produsen.
  • Pemeriksaan Filter: Periksa filter arm hood secara berkala dan gantilah jika sudah kotor atau rusak.
  • Pemeriksaan Aliran Udara: Periksa aliran udara arm hood secara berkala untuk memastikan alirannya cukup kuat untuk menangkap asap dan gas berbahaya.
  • Pemeriksaan Kebocoran: Periksa arm hood secara berkala untuk memastikan tidak ada kebocoran udara.
  • Inspeksi Visual: Lakukan inspeksi visual secara berkala pada arm hood untuk memastikan tidak ada kerusakan fisik.

Penyedia dan Distributor

Di Indonesia, terdapat banyak penyedia dan distributor arm hood yang menawarkan berbagai jenis dan model arm hood dari berbagai merek. Berikut adalah beberapa penyedia dan distributor arm hood di Malang:

Kesimpulan

Arm hood merupakan alat penting untuk menjaga keamanan dan kualitas udara di laboratorium. Memilih supplier arm hood yang tepat sangat penting untuk mendapatkan produk yang berkualitas dan layanan yang terpercaya. Pastikan untuk mempertimbangkan kriteria pemilihan supplier yang telah disebutkan di atas sebelum Anda memutuskan untuk membeli arm hood.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *