Fume Hood

Lemari Asam Fume Hood Jawa Timur

Lemari Asam Fume Hood Jawa Timur

Lemari Asam Fume Hood Jawa Timur | 0811-1073-546 (WA) PT LAB Technologi Indonesia.

Melindungi Diri di Laboratorium: Pentingnya Lemari Asam Fume Hood

Para peneliti, analis laboratorium, dan profesional di Jawa Timur yang kesehariannya bergelut dengan bahan kimia berbahaya, tentu memahami pentingnya keamanan dan keselamatan kerja. Salah satu perlengkapan vital dalam menjamin hal tersebut adalah Lemari Asam Fume Hood. Artikel ini membahas pentingnya lemari asam, jenis-jenisnya, fitur yang perlu dipertimbangkan, serta tips memilih supplier yang terpercaya, khususnya bagi Anda yang berada di Jawa Timur, termasuk wilayah Garut, Pangandaran, Sukabumi, Sumedang, Tasikmalaya, Banjar, Cimahi, Depok, Kendal, dan Ngawi.

fume hood terbaru labtech

Fungsi

Lemari Asam Fume Hood, sering disingkat fume hood saja, adalah lemari khusus yang dirancang untuk melindungi pengguna dari paparan uap dan gas berbahaya yang dihasilkan oleh bahan kimia saat digunakan di laboratorium. Fume hood bekerja dengan cara mengalirkan uap dan gas berbahaya ini keluar dari ruang kerja melalui sistem ventilasi khusus, sehingga tidak terhirup oleh pengguna.

Secara umum, fume hood memiliki fungsi utama sebagai berikut:

  • Melindungi Pengguna: Fume hood menjadi penghalang utama antara pengguna dan bahan kimia berbahaya. Dengan sistem ventilasi yang baik, paparan uap dan gas berbahaya diminimalisir, sehingga risiko gangguan kesehatan akibat inhalasi zat berbahaya dapat dikurangi.
  • Menjaga Lingkungan Laboratorium: Fume hood tidak hanya melindungi pengguna, tetapi juga menjaga lingkungan laboratorium secara keseluruhan. Dengan terisolasinya uap dan gas berbahaya ke dalam sistem ventilasi fume hood, udara di laboratorium menjadi lebih aman dan sehat bagi personel lain yang sedang bekerja.
  • Memungkinkan Penanganan Bahan Kimia Secara Efektif: Fume hood menciptakan lingkungan kerja yang terkontrol untuk memanipulasi bahan kimia berbahaya. Para personel laboratorium dapat melakukan berbagai prosedur yang melepaskan uap dan gas berbahaya dengan aman dan efektif di dalam fume hood.

Jenis-jenis Fume Hood

Fume hood hadir dalam berbagai jenis untuk memenuhi kebutuhan spesifik kegiatan laboratorium yang berbeda-beda. Berikut beberapa jenis fume hood yang umum ditemui:

  • Fume Hood Ducted: Jenis ini merupakan yang paling umum digunakan. Fume hood ducted terhubung ke sistem ventilasi eksternal yang akan membuang uap dan gas berbahaya langsung ke luar gedung laboratorium. Fume hood ducted cocok untuk berbagai jenis bahan kimia berbahaya.
  • Fume Hood Recirculating: Berbeda dengan fume hood ducted, jenis ini tidak terhubung ke sistem ventilasi eksternal. Fume hood recirculating memiliki sistem filtrasi internal yang akan menyaring uap dan gas berbahaya sebelum dikembalikan ke laboratorium. Fume hood recirculating lebih cocok untuk bahan kimia yang tidak terlalu berbahaya atau memiliki volume yang lebih sedikit.
  • Fume Hood Glove Box: Jenis ini dilengkapi dengan kotak sarung tangan yang terintegrasi dengan ruang kerja fume hood. Fume hood glove box memungkinkan pengguna untuk menangani bahan kimia berbahaya secara langsung di dalam ruang kerja dengan tangan yang terlindungi sarung tangan khusus. Fume hood glove box cocok untuk menangani bahan kimia yang sangat berbahaya atau mudah terurai di udara.

Fitur-fitur Penting Fume Hood

Saat memilih fume hood, ada beberapa fitur penting yang perlu dipertimbangkan:

  • Sistem Ventilasi: Pastikan fume hood memiliki sistem ventilasi yang kuat dan efisien untuk memastikan uap dan gas berbahaya terbuang sempurna. Kapasitas aliran udara (face velocity) harus sesuai dengan jenis dan bahaya bahan kimia yang akan digunakan.
  • Pintu Sash: Pintu sash yang kedap udara menjadi fitur penting untuk mencegah kebocoran uap dan gas berbahaya ke dalam laboratorium. Pintu sash biasanya terbuat dari kaca tempered untuk memberikan visibilitas yang baik ke ruang kerja.
  • Permukaan Kerja: Pilih material permukaan kerja yang tahan terhadap bahan kimia korosif dan mudah dibersihkan. Material seperti epoxy resin atau stainless steel sering menjadi pilihan utama.
  • Pencahayaan: Fume hood harus memiliki pencahayaan yang memadai untuk memastikan visibilitas yang baik di ruang kerja. Hal ini penting untuk keamanan dan akurasi saat melakukan prosedur di dalam fume hood.
  • Fitur Keselamatan: Fitur keselamatan tambahan seperti alarm waspada aliran udara rendah (low air flow alarm) dan sistem interlock untuk mencegah pengoperasian peralatan tertentu saat pintu sash terbuka dapat meningkatkan keamanan penggunaan fume hood.

Tips Memilih Fume Hood

Memilih fume hood yang tepat akan sangat membantu Anda bekerja dengan aman dan efektif. Berikut beberapa tips yang dapat Anda pertimbangkan:

  • Jenis Bahan Kimia: Identifikasi jenis bahan kimia berbahaya yang akan Anda gunakan secara rutin di laboratorium. Ini akan membantu menentukan tipe fume hood yang paling sesuai, baik dari segi sistem ventilasi maupun material konstruksi.
  • Kebutuhan Ukuran: Sesuaikan ukuran fume hood dengan kebutuhan ruang laboratorium dan jenis kegiatan yang akan dilakukan. Fume hood berukuran besar cocok untuk kegiatan yang membutuhkan ruang kerja yang luas, sementara fume hood berukuran kecil lebih cocok untuk penggunaan yang lebih spesifik.
  • Fitur Tambahan: Beberapa fume hood dilengkapi dengan fitur tambahan seperti keran air, saluran gas, dan stopkontak listrik di dalam ruang kerja. Pertimbangkan fitur-fitur tersebut sesuai dengan kebutuhan kegiatan laboratorium Anda.
  • Supplier Terpercaya: Pilihlah fume hood dari supplier yang memiliki reputasi baik dan pengalaman yang luas dalam menyediakan peralatan laboratorium. Pastikan supplier tersebut menawarkan garansi, layanan purna jual, dan dukungan teknis yang memadai.

Wilayah Jawa Timur:

Meskipun fokus utama artikel ini adalah Jawa Timur, perlu dicatat bahwa supplier fume hood umumnya memiliki jangkauan distribusi yang luas. Supplier yang berdomisili di Surabaya, Malang, atau Sidoarjo mungkin saja dapat melayani pembelian dan instalasi fume hood hingga ke daerah Garut, Pangandaran, Sukabumi, Sumedang, Tasikmalaya, Banjar, Cimahi, Depok, Kendal, dan Ngawi. Sebaiknya hubungi supplier secara langsung untuk memastikan wilayah layanan mereka.

Supplier Fume Hood Terpercaya di Indonesia

Berikut beberapa supplier fume hood terpercaya di Indonesia yang dapat melayani pembelian dan instalasi fume hood di Jawa Timur:

  • PT Labtech Indonesia: labtech-indonesia.co.id

Sebagai contoh, PT Labtech Indonesia merupakan salah satu supplier fume hood terpercaya yang memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam menyediakan peralatan laboratorium berkualitas tinggi. Mereka menawarkan berbagai jenis fume hood dari brand ternama dengan fitur dan spesifikasi yang beragam. PT Labtech Indonesia juga menyediakan layanan konsultasi, instalasi, dan purna jual yang komprehensif untuk memastikan fume hood Anda berfungsi dengan optimal.

Kesimpulan

Lemari Asam Fume Hood merupakan perlengkapan vital di laboratorium yang menangani bahan kimia berbahaya. Dengan memilih fume hood yang tepat dan menggunakannya sesuai prosedur, Anda dapat bekerja dengan aman dan efektif, serta meminimalisir risiko kecelakaan dan gangguan kesehatan akibat paparan bahan kimia berbahaya. Artikel ini telah membahas fungsi, jenis-jenis, fitur penting, dan tips memilih fume hood. Pastikan Anda selalu mengutamakan keselamatan kerja di laboratorium dengan menggunakan fume hood secara optimal.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *